Fungsi dan Jenis-Jenis Komputer

Post a Comment
Berikut adalah jenis-jenis komputer secara umum. Semoga materi ini dapat membantu kalian dalam referensi belajar.


Pengertian Komputer

Computer Annual (Robert H. Blissmer)
Komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan tugas seperti menerima input, memproses input sesuai programnya, menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan, menyediakan output dalam bentuk informasi.

Computer Today (Donald H. Sanders)
Komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu langkah-langkah instruksi-instruksi program yang tersimpan di memori (stored program).

Computer Organization (V.C. Hamacher, Z.G Vranesic, S.G. Zaky)
Komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dapat menerima informasi input digital, memprosesnya sesuai dengan suatu program yang tersimpan dimemorinya dan menghasilkan output informasi.

Elemen Dasar (Fungsi) Dari Suatu Komputer
  1. Input. Kebanyakan komputer tidak dapat menerima data dalam bentuk komunikasi manusia secara langsung maka digunakan suatu cara yang bisa memberikan konversi yang mudah ke dalam bentuk elektronik, salah satunya adalah dengan menggunakan keyboard yang mengubah bentuk pengetikan data menjadi bentuk machine-sensible (yang bisa dirasa mesin). Setelah diinput data selanjutnya masuk ke dalam storage (penyimpanan).
  2. Penyimpanan (Storage). Data dan instruksi memasuki main storage/ main memory (penyimpanan utama) dan disimpan sampai diperlukan. Penyimpanan utama dilengkapi dengan Auxiliary storage/backing storage (penyimpan tambahan), seperti harddisk. Penyimpan tambahan berperan penting untuk menyimpan data dan menyediakan data tersebut jika diperlukan.
  3. Kontrol. Setiap komputer mempunyai unit kontrol yang menjemput instruksi dari penyimpanan utama, menginterprestasikan instruksi itu, dan mengeluarkan sinyal yang diperlukan oleh komponen yang membentuk sistem tersebut. Ia mengarahkan semua operasi hardware yang diperlukan untuk mematuhi instruksi itu.Pemrosesan Instruksi dipatuhi dan operasi aritmetik yang diperlukan, dan sebagainya, dilakukan pada data. Bagian yang mengerjakan disebut Arithmetic-Logical Unit (ALU). Selain menjalankan operasi arimetik ia juga menjalankan operasi logis.
  4. Ouput. Hasil-hasil diambil dari penyimpanan utama dan dimasukkan ke output device (perangkat ouput). Perangkat ini bisa berupa printer atau monitor.
Jenis Komputer

  1. Digital yaitu jenis komputer yang memproses data yang direpresentasikan dalam bentuk yang  berlainan (misalnya 0, 1, 2, 3,…) dengan beroperasi padanya secara bertahap. Nilai-nilai berlainan terjadi pada setiap tahap pada operasi tersebut.
  2. Analog adalah sejenis dengan instrumen pengukur seperti termometer atau voltmeter yang mempunyai pointer (penunjuk) pada dial (lempengan) bundarnya. Komputer jenis ini memproses data dalam bentuk voltase elektrik. Output dari komputer analog seringkali dalam bentuk grafik halus, dimana kita bisa membaca informasi dari grafik tersebut.
  3. Hybrid adalah komputer yang mempunyai fasilitas gabungan antara komputer digital dan analog.
Komputer Berdasarkan Ukuran dan Kemampuan.

  1. Mikrokomputer atau yang lebih dikenal sebagai PC adalah jenis komputer yang paling banyak ada pada saat ini. Komputer jenis ini dikembangkan untuk mendukung kemajuan tekhnologi yang ada dengan ukuran yang semakin kecil dan kemampuan yang terus ditingkatkan
  2. Minikomputer adalah jenis komputer yang digunakan untuk aplikasi tertentu yang tidak dapat dijalankan pada sebuah PC, biasanya untuk aplikasi yang membutuhkan kecepatan yang tinggi an memori yang besar.
  3. Mainframe adalah jenis komputer yang memiliki kemapuan diatas minicomputer. Komputer jenis ini mempunyai kemampuan yang sangat besar untuk memproses, menyimpan dan menghasilkan informasi.

Rizsa Faozsiyah
Hello, welcome to my blog! Semoga rizsafa.com dapat menjadi referensi belajar bagi teman-teman ya. Enjoy and Happy Reading!

Related Posts

Post a Comment