Latihan Soal PAS/UAS Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP Semester 1

Berikut adalah soal uas bahasa indonesia kelas 7 semester 1 kurikulum 2013 yang dapat kalian download file soalnya secara lengkap dengan klik link di bawah ini!




Pada kesempatan kali ini penulis akan membagikan soal bahasa indonesia kelas 7 semester 1 yang dapat kalian pelajari untuk dijadikan sebagai referensi belajar kalian. Karena biasanya soal bahasa indonesia kelas 7 yang akan diujikan tidak akan jauh berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Untuk soal uas kelas 7 semester 1 kurikulum 2013 ini belum dilengkapi beserta kunci jawaban. Apabila ingin memberikan jawaban silahkan share di kolom komentar. Semoga soal uas bahasa indonesia kelas 7 semester 1 kurikulum 2013 dapat bermanfaat. Selamat belajar dan tetap semangat!

Pilihlah salah satu jawaban diantara huruf a,b,c,d yang paling tepat! 

1. Perhatikan kutipan teks di bawah ini!
Salah satu ciri khas bangsa Amerika adalah kesukaannya membuat peringkat. Apa pun diperingkat. Tidak terkecuali dunia bisnis. Majalah terkenal seperti Fortune atau US News sering menampilkan peringkat perusahaan berdasarkan penjualan, besarnya aset yang dimiliki, atau berdasarkan besarnya tingkat keuntungan. Kedua, iklim kompetisi yang semakin ketat. Jelaslah bahwa membuat peringkat bagi masyarakat Amerika merupakan hal yang biasa.
1.Gagasan utama paragraf di atas adalah ...
a. Pembuatan peringkat dipengaruhi oleh dua faktor
b. Apa pun bisa diperingkat
c. Kebiasaan bisnis bangsa Amerika
d. Bangsa Amerika suka membuat peringkat

2. Bacalah kutipan dongeng berikut ini!
Mogu memutuskan untuk bermalam di hutan. Ia bersandar di pohon dan jatuh tertidur. Dalam tidurnya, samar-samar Mogu mendengar suara memanggilnya. Mula-mula ia berpikir, itu hanya mimpi. Namun, pada saat ia terbangun, suara itu masih memanggilnya. ”Anak muda, bangunlah! Siapakah engkau? Mengapa kau ada di sini?” Mogu amat bingung. Dari mana suara itu berasal? Ia mencoba melihat ke sekeliling. ”Aku di sini. Aku pohon yang kau sandari!” ujar suara itu lagi. Seketika Mogu menengok. Alangkah terkejutnya ia! Pohon yang disandarinya ternyata memiliki wajah di batangnya.
Dongeng di atas dapat ditulis kembali menjadi ....
a. Mogu memutuskan untuk bermalam di hutan. Saat dia menyandarkan badannya pada sebuah batang pohon, dia pun tertidur dan bermimpi. Dalam mimpinya, ia seperti mendengar ada pohon yang bicara.
b. Mogu terkejut karena mendengar ada yang bicara. Ternyata, pohon yang disandarinyalah yang berbicara. Bahkan pohon itu memiliki wajah.
c. Mogu memutuskan untuk bermalam di hutan. Saat dia menyandarkan badannya pada sebuah batang pohon, dia sangat kaget. Ternyata pohon yang disandarinya itu dapat berbicara dan memiliki wajah di batangnya.
d. Mogu yang suka bermalam di hutan menjadi sangat terkejut kaena ada pohon yang bisa bicara dan memiliki wajah di batangnya.

3. Perhatikan kutipan teks berikut ini!
Malaysia berpendapat, para TKI perlu dilindungi dari tindakan eksploitasi oleh sebagian pengusaha setempat yang tidak bertanggung jawab. Tindakan tersebut misalnya dengan hanya memberi upah kecil, sementara jam kerjanya berlebihan. Oleh karena itu, dianggap perlu ada pengaturan sejak kedatangan dan selama keberadaan para TKI di Malaysia. TKI di Malaysia hendaknya benar-benar dipantau oleh para petugas yang terkait dari kedua negara. Namun, sekaligus juga diharapkan agar para pekerja pendatang itu memiliki dokumen yang sah. Hal ini dilaksanakan agar keberadaan mereka terjamin dan terlindungi.
Gagasan utama paragraf di atas adalah ...
a. Perlunya TKI dilindungi undang-undang
b. Tenaga kerja Indonesia dieksploitasi
c. Pendapat Pemerintah Malaysia tentang TKI
d. Keadaan tenaga kerja Indonesia di Malaysia

4. Saat mendapat tugas membaca teks UUD 1945, sikap dan cara membaca yang harus diperhatikan adalah ....
a. Tenang dan membaca dengan sedikit santai
b. Bersikap biasa atau apa adanya
c. Khidmat, tenang, tidak gugup, membaca dengan suara yang keras sekali
d. Bersikap tenang, khidmat dan membaca dengan keras, tetapi tidak berteriak agar peserta upacara mendengar

5. Bacalah pantun berikut ini!
Dari Jakarta, menuju Semarang
Jangan lupa beli pepaya
Engkau senang, aku senang
Karena kita memang Saudara
Balasan yang tepat untuk pantun  di atas adalah ....
a. Makan gulai di atas batu
Kerasnya batu tak terasakan
Jika boleh aku bertemu
Datang bertamu sambil berjalan

b. Jika kenyang karena makan
Janganlah lupa akan minumnya
Jika datang dengan ancaman
Akan kuterima dengan gembira

c. Buah lengkung enak rasanya
Beli murah di Temanggung
Kita memang bersaudara
Sudah senang kita tanggung

d.  Jika engkau pergi ke Pati
Belikan aku sekilo duku
Jika engkau berbaik hati
Bantulah aku bawakan buku

6. Perhatikan cerita anak berikut untuk soal nomor 6 dan 7
”Mia tidak mau tahu. Mia mau model yang baru, yang ada radio, kamera, dan yang 3G seperti milik Tari,” kata Mia ngotot kepada Mama.
”Ini kan masih bagus, Mia. Kurang bagus apanya? Belum juga setahun Mama belikan, garansinya juga belum habis. Lagian apa manfaatnya beli begituan buat kamu? Kamu kan masih SMP, nanti saja kalau sudah SMA atau kuliah,” balas Mama.
”Mia malu, Ma. Model ginian sudah ketinggalan zaman, sudah kuno dan tidak modif. Ini pantasnya jadi rongsokan atau dibuang saja, itu lebih baik,” Mia membanting HP ke sofa.
Mama tidak tahu harus berkata apa lagi karena Mama merasa penjelasan apa pun akan percuma kalau Mia sudah ngambek, karena permintaan yang dia inginkan tidak dipenuhi.
”Pokoknya Mia minta ganti. Titik!” kata Mia sambil berlari ke kamarnya, lalu membanting daun pintu dengan keras.
Berdasarkan cerita di atas, Mia memiliki sifat ...
a. Penurut
b. Sombong
c. Manja
d. Baik hati

7. Realitas kehidupan anak-anak sekarang yang tercermin dalam cerita di atas adalah ...
a. Patuh pada nasihat orang tua
b. Membantah perintah orang tua
c. Ingin tampil beda dari teman-temannya
d. Segala keinginan harus segera dipenuhi

8. Bacalah kutipan berita berikut ini!
Sidang Pleno yang lalu, berlangsung alot dan memanas. Pernyataan Wakil Ketua KPU, Adnan Buyung Nasution yang dikutip pers, ”Sebaiknya anggota KPU yang tidak menerima hasil pemilu mengundurkan diri,” menyulut konflik. Mereka saling menyalahkan antar anggota KPU.
Kesimpulan dari berita tersebut adalah ....
a. Pendapat dari Adnan Buyung Nasution menjadi bahan pertengkaran antar anggota KPU
b. Sidang Pleno menjadi ajang saling menyalahkan setelah adanya pernyataan dari Adnan Buyung Nasution.
c.  Para anggota KPU beradu pendapat pada Sidang Pleno
d.  Sebaiknya anggota KPU yang tidak menerima hasil pemilu mengundurkan diri adalah pendapat dari Adnan Buyung Nasution.

9. Perhatikan kutipan teks di bawah ini!
Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) menyatakan ada tiga solusi untuk mengatasi permasalahan transportasi, khususnya di Jakarta. Tiga solusi itu terkait dengan reformasi transportasi massa. Sekretaris Jenderal MTI, Danang Parikesit, mengatakan reformasi transportasi massa itu terkait dengan manajemen pengguna transportasi, pengembangan transporasi yang berorientasi pada jaringan angkutan umum massal, serta pengawasan hukum.
Gagasan pokok paragraf di atas adalah ...
a. Adanya reformasi massal di bidang transportasi
b. Pengembangan transportasi yang berorientasi pada kepentingan umum
c. Solusi untuk mengatasi masalah transportasi di Jakarta
d. Permasalahan transportasi yang ada di Jakarta

10. Bacalah cerita pengalaman berikut!
Liburan kemarin, Aulia mendapat kesempatan berkunjung ke negeri Serambi Mekah, Nangroe Aceh Darussalam. Aulia mengunjungi neneknya yang memang tinggal di sana. Aulia menyempatkan diri mengunjungi daerah yang beberapa tahun lalu tertimpa bencana tsunami. Aulia sangat tidak menyangka, meskipun bencana itu sudah terjadi beberapa tahun lalu, tetapi akibat yang ditimbulkannya sangat luar biasa. Dia sangat bersyukur karena tempat neneknya tinggal, tidak terkena bencana tersebut. Kunjungannya ke negeri itu, begitu membekas dalam hatinya.
Pengalaman yang dirasakan oleh Aulia adalah ....
a. Mengagumkan
b. Mengejutkan
c. Menyenangkan
d. Mengharukan

10. Perhatikan kutipan teks di bawah ini!
”Ibu duduk santai saja di kursi panjang ini,” ajak Dinah seraya menggandeng lengan ibunya.
”Nah, begitu lebih baik kan? Kakinya diselonjorkan.” 
”Bu ... Aku pijiti, ya, Bu, ya?”
Ibu menurut saja. Ia tersenyum menerima perlakuan putrinya.
11. Gambaran kehidupan kutipan cerita tersebut dengan realitas kehidupan yaitu...
a. Seorang anak yang peduli terhadap ibunya.
b. Seorang ibu yang suka menyuruh anaknya untuk memijit.
c. Seorang ibu yang ingin dimanjakan anaknya.
d. Seorang anak yang ingin mengambil hati ibunya.

12. Perhatikan kutipan pengalaman berikut ini!
Tepatnya hari Rabu, 4 Juni 2008 kurang lebih pukul 06.30 Rani terserempet sepeda motor di pertigaan menuju sekolahnya. Waktu itu, ia bersepeda berjajar dengan teman dari sekolah lain. Tiba-tiba ada sepeda motor masuk di antara sepeda mereka. Sepeda Rani terseret sepeda motor tersebut. Rani terjatuh di jalan raya. Rani merasa malu bercampur sedih.
Kalimat yang tepat ditulis Rani dalam buku harian adalah ....
a. Rabu pukul 06.30, aku terserempet sepeda motor yang melewatiku di pertigaan menuju sekolahku. Luar biasa, peristiwa yang sangat mengharukan.
b. Waktu aku bersepeda berjajar dengan temanku tiba-tiba dari belakang masuk sepeda motor dan menyerempet aku dan temanku. Aku terjatuh tertimpa sepeda.
c. Aku terserempet sepeda motor di pertigaan menuju sekolahku dan terjatuh di jalan raya karena aku bersepeda berjajar. Hukuman pelanggaran lalu lintas telah terjadi.
d. Rabu, 4 Juni 2008 pukul 06.30, aku terserempet sepeda motor di pertigaan menuju sekolahku. Aku terjatuh di jalan raya. Wah, malu hatiku waktu teman-teman melihatku berpakaian kotor.

13. Bacalah cerita pengalaman berikut!
Hari ini aku sangat bangga. Sekolahku berhasil meraih predikat Sekolah Sobat Bumi (SSB) Champion. SSB Champion merupakan salah satu program Pertamina Foundation dalam pelestarian lingkungan hidup. Dalam kompetensi ini, kami berhasil masuk 25 besar dari 56 sekolah. Sekolah kami berhasil meraih predikat ini berkat pembinaan langsung dari para ahli lingkungan.
Pencerita pengalaman di atas merasa bangga karena ....
a. Sekolah pencerita meraih predikat Sekolah Sobat Bumi (SSB) Champion
b. Tampil dalam Sekolah Sobat Bumi (SSB) Champion yang diadakan Pertamina
c. Mendapatkan pembinaan dari para ahli lingkungan
d. Berhasil masuk 25 besar dari 56 sekolah dalam SSB Champion

14. Perhatikan ilustrasi berikut!
OSIS SMP Swadaya Palolo akan melaksanakan kegiatan bakti sosial, dalam rangka memperingati hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). Kegiatan tersebut dikoordinasikan oleh Pembina OSIS. Puncak acara bakti sosial tersebut adalah mengunjungi Panti Asuhan Senang Berseri. Peserta akan didaftar paling lambat 1 Mei 2011.
Tulisan pengumuman sesuai dengan ilustrasi di atas adalah ....
 a. OSIS SMP Swadaya Palolo mengkoordinasikan pelaksanaan bakti sosial. Peserta supaya mendaftar kepada Pembina OSIS tepat 1 Mei 2011.
b. OSIS SMP Swadaya Palolo akan melaksanakan bakti sosial. Panti Asuhan Senang Berseri tempat acara puncak Peringatan Hardiknas. Peminat supaya mendaftar paling lambat 1 Mei 2011.
c. Acara puncak bakti sosial OSIS Swadaya Palolo mengunjungi
d. Pelaksanaan bakti sosial OSIS SMP Swadaya Palolo hanya di Panti Asuhan Senang Berseri. Peserta agar bergegas pada tanggal 1 Mei 2011.

15. Perhatikan kutipan teks di bawah ini dengan cermat!
Hasil penelitian memperlihatkan bahwa remaja merupakan sasaran utama pengiklan rokok. Melalui iklan dan promosi, remaja yang belum merokok akan berada dalam antrean untuk masuk ke dalam perilaku merokok. Begitu mulai merokok, mereka tidak mudah untuk berhenti baik karena citra yang dia yakini maupun karena sifat kecanduan rokok.
Gagasan utama paragraf di atas adalah ...
a. Remaja Indonesia kecanduan rokok
b. Remaja tertarik iklan rokok
c. Remaja sasaran utama pengiklan rokok
d. Remaja sulit berhenti merokok

16.  Berikut adalah penggalan cerita yang dapat diceritakan dengan ekspresi mencekam adalah ...
a. Esok harinya, kabar menyebar. Kabar itu pun menjadi pembicaraan murid-murid kelas lain. Kebetulan pagi itu, Danan memang belum hadir.
b. Di sebuah desa hiduplah seorang pemuda bernama Danar. Suatu ketika Danar ingin sekali berguru kepada seorang Guru yang sedang bertapa seorang diri di lereng Gunung.
c. Malam, udara sangat dingin, lebih dingin dari malam-malam sebelumnya. Suasana pun tampak sangat sepi, jam menunjukkan angka sepuluh malam.
d. Aku mempunyai dua ekor anjing. Namanya, Moi dan Donal. Aku takut kehilangan mereka karena sangat sayang sama mereka.

17.  Dongeng bisa menjadi metode terapi kesehatan bagi anak yang sedang sakit. Dengan dongeng, anak akan muncul harapan untuk sembuh.
Kata metode dalam paragraf di atas berarti ....
a. Kesimpulan atas suatu masalah
b. Pembahasan suatu masalah
c. Pelaksanaan suatu program
d. Cara kerja yang teratur

18.  Paragraf yang dikembangkan dari gagasan umum menuju ke gagasan khusus disebut ....
a. Paragraf Narasi
b. Paragraf Deduktif
c. Paragraf Induktif
d. Paragraf Campuran

19. Paragraf Induktif adalah paragraf yang ....
a. Gagasan utamanya terletak di awal paragraf.
b. Gagasan utamanya terletak di tengah paragraf.
c. Gagasan utamanya terletak di akhir paragraf.
d. Gagasan utamanya terletak di awal paragraf dan ditegaskan di akhir paragraf.

20. Perhatikan kutipan teks di bawah ini dengan cermat!
AWAS BERBAHAYA
JANGAN MASUK KE LEMBAH
BISA PERGI TAK BISA KEMBALI
Penjedaan yang tepat untuk pengumuman di atas adalah ....
 a. Awas/ berbahaya/ jangan masuk ke lembah bisa/ pergi tak bisa kembali//
b.  Awas berbahaya/ jangan masuk/ ke lembah bisa pergi/ tak bisa kembali//
c.  Awas/ berbahaya/ jangan masuk ke lembah/ bisa pergi/ tak bisa kembali//
d.  Awas berbahaya/ jangan masuk/ ke lembah bisa/ pergi tak bisa kembali//

Anda diundang bergabung ke grup, untuk mendapatkan pembahasan soal, info terbaru.

>> Grup Informasi Seputar Pendidikan <<

0 Comments

Post a Comment